Plat kendaraan di Indonesia

Tahukah anda berbagai jenis plat kendaraan yang ada di Indonesia :

1. Plat Diplomatik

Plat ini hanya untuk kepetingan diplomatik. Bisa kedutaan, organisasi ( PBB, ASEAN, konferesnsi Asia Afrika )

Formatnya : “CD kode_diplomatik kode_kendaraan”. Kode kendaraan 01 biasanya digunakan oleh “ketua” seperti : Duta Besar. CD sendiri artinya Diplomatic Code

Selain itu, ada juga “CC ” consulatcode yg biasanya digunakan konsulat kedutaan di daerah2. Bisa ditemukan di daerah Bali dan Medan. KArena banyak Kosulat kedutaan luar negeri.

Misal : “CD 12 01″ merupakan kendaraan dinas duta Besar Amerika Serikat di Indonesia

** Sudah diralat, karena sebelumnya “CD kode_kendaraan kode_diplomatik ” …. ter-ingat jaman baheula …. :razz:

2. Plat Pejabat Negara di Pusat

Plat ini biasanya dimiliki oleh pejabat Pemerintahan yg berada langsung di bawah Presiden. Seperti Menteri, Kapolri, Panglima TNI, Kepala2.

Fomatnya : “RI kode_pejabat ” .

Khusus ” RI 1″ dan “RI 2″ punya kekhususan. Plat ini bisa dibawa2 loh, jadi tidak terikat dengan kendaraan si empunya. Misal aja nih, si empu lg dinas di Bali nah kendaraan yg disana juga “RI 1″ trus ketika empunya tiba di Soekarno . Di Soekarno juga di jemput “RI 1″. Jadi platnya bisa dibawa2.

indonesia1.jpgTapi buat kamu yg biasa bertemu dengan rombongan Presiden dari Cikeas ke Istana. Jangan harap selalu bertemu “RI 1″ karena kadang juga presiden menggunakan plat “BS”. Tapi juga menggunakan plat ” Indonesia 1″

3. Plat Pejabat Daerah

mobil-sekda1.jpgIni platnya Gubernur dan Wakil . Biasanya menggunakan plat umum namun angkanya cuman 1 / 2 angka saja. Misal B1 dan B2 untuk Gubernur DKI.

4. “B xxxx BS”, “B xxxx BP”,”B xxxx BI”,”B xxxx BH”,”B xxxx BL”,”B xxxx BD”,”B xxxx BU”,

B-1XXX-BP adalah Pejabat dan/atau Petugas POLRI

B-2XXX-BP adalah Keluarga POLRI

B-8XXX-BP adalah Kawan/kolega POLRI

B-1XXX-BS atau B-2XXX-BS atau B-7XXX-BS atau B-8XXX-BS adalah Pejabat Sipil Departemen dan/atau Non-Departemen

B-XXXX-BI adalah Intel

B-XXXX-BH adalah Hankam

B-XXXX-BD adalah TNI AD

B-XXXX-BL adalah TNI Laut

B-XXXX-BU adalah TNI Udara

Oia…. ada juga cerita “BP” sudah diganti dengan “QH”,”QZ”

5. Plat Undangan Negara

Plat ini biasanya berwarna merah. Susah ditemukan, biasanya ada di konvoi2 yg memang benar2 undangan negara

6. Plat Mobil dan motor

baru.jpg

sumber.jpg

Plat kendaraan umumnya “B 1234 XX” . Namun khusus di daerah Polda Metro Jaya, kini sudah ada ” B 12345 XXX “.

Selain itu, angka pertama juga ada artinya loh “7XXX” kl ga salah itu truk.

7. Plat “B 1234 XX” (XX disini benaran “XX” bukan inisial yagh)

Biasanya ini untuk kendaraan yg baru keluar dari pabrik dan belum memiliki plat mobil tetap. Jadi seperti plat sementara geto. Biasanya, plat ini digunakan untuk mengirimkan kendaraan menuju dealer yg tidak menggunakan truk pembawa mobil ( dibawa di jalan raya).

Warna plat ini berwarna dasar putih dengan tulisan “B 1234 XX” warna merah

Kl ga salah, didaerah yg memiliki keistimewaan ” free trade area”. Dimana kendaraan luar negeri bebas masuk tanpa pajak. Plat ini memiliki arti kendaraan itu ga bisa balik nama ke plat normal sebelum membayar pajak2.

8. Plat “B 123123 12″

plat.jpgplat-pangkat.jpgNah, kl yg ini gua juga ga tahu. Sudah lama liat, tapi tetap ga tau bagaimana kepemilikannya. Ada yg bilang ini staffnya kedutaan juga

Ada komentar ?

9. Plat TNI dan POLRI

plat2.jpg

Beh …. kl yg satu ini panjang banget. Mulai dari Mabes, Polda, KoDam de el el ….

Intinya .. kl km perhatikan ada formatnya . Gambar $ dolar merupakan instansi si pemilik kendaraan. Misalnya Mabes … nah angka 45 itu instansi penempatan kendaraan.

Misalnya, polda metrojaya menempatakan kendaraan operasional di Polres2 bawahnnya.

Nah “*** ” itu si “level / jabatan “empu pemilik kendaraan.

Oia …. posting ini aku buat untuk kepentingan positif. Misalnya kamu kesal dengan salah satu kendaraan, perhatikan dulu platna. Ada kemungkinan untuk diladenin ga. Kalau cuman plat”level rendah” mah …. jangan takut….

Selama kamu benar, jangan karena plat “istimewa” kamu mundur. Tapi liat2 sikon juga yagh …. resiko ditanggung pribadi.

Sumber :

1. Wikipedia Indonesia( kode mobil pejabat dan diplomatik)

2. Kompas Cetak

3. Kendaraan Z 9T

Read 18 comments

  1. Mo koreksi

    CD = Corps Diplomatique
    CC = Corps Consuler

    bukan CD = Code Diplomatique dan CC = Code Consular.

    Nambahin

    8. Plat “B 123123 12?

    Nah, kl yg ini gua juga ga tahu. Sudah lama liat, tapi tetap ga tau bagaimana kepemilikannya. Ada yg bilang ini staffnya kedutaan juga

    Ada komentar ?

    B 123123 12 ===> kl orang2 bilang ini CD kecil, alias mobilnya kedutaan, organisasi internasional (PBB, ASEAN, etc)

    format 12 (angka kecil) di blok paling akhir adalah sama dengan format blok tengah pada CD / CC.

    misalnya CD 12 01 (ini mobilnya kedutaan abc)
    B 123123 12 (ini jg mobil dinas kedutaan abc)

  2. Betul bos, plat dinas di stnk ada simbol khusus dan stnk nya pun beda. kebetulan di rumah gw ada B 12xx QH itu ada simbol RHS di stnknya, sekarang plat diganti jadi B 18xx RFQ itu ada simbol KHS di stnknya. Umur plat hanya setahun dan tiap tahun diganti plat baru. Stnknya pun beda, satu sisi identitas mobil dan sisi yang lain hanya pasal2 dan stempel milik negara. kalo masalah aman di jalan sebaiknya gak perlu ditest, karena mobil plat khusus semua polisi pasti paham.
    Sekian smg berguna.

Leave a Reply