Survey Korea Jepang : menikmati istana di kota seoul

geongbokung palace

geongbokung palace

Hari ini kami berencana wisata ke Gunung Soreak,  tp apa mau dikata ….  Kami kecapean semua. Dan bangun kesiangan, lebih tepatnya jet lag dan perbedaan jam.  Akhirnya jadwal diganti. Hari ini hanya menikmati istana di kota seoul. Menikmati palace, itu pun dengan tempat yang tidak pasti. Disini jam siang lebih panjang, dan jam malamnya sangat pendek. Jadi ketika kita bangun pagi rasanya sudah serasa siang, padahal disini masih pagi dan toko2-nya masih tutup loh. Able Guest house dan mencoba subway. Sebenanrnya jadwal udah ditentuin, tp pas dikunjungi malah salah. Yah salah kordinasi lah.

menikmati istana di kota seoul

Gyeongbokgung palace

Istana pertama yang kami kunjungi yaitu Gyeongbokgung Palace ,Jongno-gu. Tiket masuknya won9000. Siapkan pakaian yang sesuai untuk daerah panas dan kering yah. Karena disini cuacanya seperti itu. Oia. disini juga ada peminjaman kostum korea loh. Silahkan dipakai selama kunjungan di dalam istana ini. Jadi dijamin foto2 kita pasti berbeda. Tapi siap2 juga ditarik pengunjung / wiatawan lainnya untuk foto bersama yah.

pertunjukan di istana geongbokung.

pertunjukan di istana geongbokung.

Entah rutin atau kebetulan saat ada event aja. Ketika ke sana kami melihat pertunjukan pergantian pengawal, raja/pemimpin yang turun ke lapangan. Walaupun istana sudah tidak dipergunakan lagi sehari-hari. Tapi pertunjukan ini cukup menarik kami ko.  Yang pasti, saat itu kami cuman bisa melihat dan foto2 saja. Walaupun ada audio tapi ….

Di dalam istana ini, banyak terdapat  bangunan2 lebih kecil. Menurut informasi yang mereka pasang di masing pintu masuk, ada cerita2 berbeda. Seperti bangunan untuk anak , selir/istri , tempat menyimpan beras , tempat pertemuaan dan lain2.

geongbokung palace

geongbokung palace

Disini juga ada jalan potong menuju istana biru. Tapi karena kami salah jadwal , ketika mau kesini pintunya sudah ditutup. Dan jika masuk melalui pintu depan berarti harus memutar jauh.

Museum Raja Sejong

Museum Raja Sejong

Tidak jauh dari istana ini , ada taman besar, Gwanghwamun Square di seberang pintu utama. Ada semacam aliran air di samping ini. Disini juga ada fasilitas peminjaman kostum gratis loh. Dan dibawah taman ini ada museum sejarah Raja Sejong. Dan juga ada patung duduk sang raja. Melihat sejenak sejarah sang raja, sekaligus melepas lelah jalan kami melanjutkan perjalanan menuju.

Sungai Cheonggyecheon 

Para traveller yang mencari suasana romantis atau dalamn rangka honey moon kemungkinan besar tau tempat ini. Menurut Wikipedia , sungai ini terhampar sepanjang 10km. Sungai buatan ini sudah dibentuk menjadi sangat indah. Sangking bersihnya, di beberapa titik kami melihat para pengunjung sepertinya warga setempat karena mereka hanya menggunakan pakaian kerja, memasukkan kaki mereka ke permukaan air. Seperti spa kaki lah kalau di Indonesia. Atau mungkin ada ikan2 kecilnya juga yah.

CHEONGGYECHEON

CHEONGGYECHEON

Kalau malam hari bakal lebih indah karena sungai ini akan diterangi lampu2 bercahaya warna warni. Bukan lampu kuning seperti sungai2 di Indonesia. Karena kami datang siang hari, kami tidak dapat menikmati lampu2 ini. Bahkan cuaca yang masih panas cukup menantang kami.

. Kami jalan terus sampai di lokasi berikutnya. Jangan ditanya berapa lama dan jauh, karena kami jalan mengikuti kekuatan badan saja.  Jika terasa capai ya langsung mojok, misal di Sevel lah.

pertunjukan di istana deoksugung.

pertunjukan di istana deoksugung.

Deosokgung Palace 

Istana kedua, Deosokgung Palace. Lokasinya di persimpangan jalan. Istananya tidak terlalu luas, mungkin hanya 1/4 dari istana pertama dan suasanya sangat asri. Disini gua ga banyak meng-explore. Tapi cuman duduk di pendopo depan … nyaman gan …. Oia , sempat melihat lagi peragaan yang serupa di istana  Gyeongbokgung, kali ini diadakan di depan gate utama yang langsung ke jalan raya. Entah apa saja yang yang mereka peragakan di depan kami ini.

Namdayemung

Lokasi selanjutnya adalah Namdayemung. Konon ini pasar terbesar di Korea . Gedung2-nya dibagi dalam blok2 dan mirip di Indonesia, di jalan2 ada pedagang kaki limanya tapi disini PKL-nya lebih rapih. Jadi kita bisa jalan dengan nyaman. Berbagai jenis barang di jual di daerah sini, dari pakai2-an sehari2 sampai pakaian traveling, winter dll. Ada juga makanan2 dari seafood , daging , buah dll. Mainan2 juga tersedia disini. Yang unik , di sini ada booth infomasi dan kita bisa minta peta informasi dengan lengkap. Dan kalau hoki ketemu petuga informasi yang berkelinling sepanjang pasar ini. menikmati istana di kota seoul

Disini kami membeli oleh2 gantungin kunci , magnet dll pokoke all lah. Lanjut ke Myundongmarket lalu gereja



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

5 thoughts on “Survey Korea Jepang : menikmati istana di kota seoul

  1. Pingback: Survey Korea Jepang : masjid dan katedral di seoul

  2. Pingback: backpack ke gunung seoraksan korea

  3. Pingback: Survey Korea Jepang : ngaso di Dongdaemun

  4. Pingback: Survey Korea Jepang : backpack ke pulau nami

  5. Pingback: Suvery korea jepang

Leave a Reply