Survey Korea Jepang : urus Visa Jepang ga pake ribet

Menyambung artikel selanjutnya tentang perjalanan kami menuju Korea dan Jepang dua bulan setelah beli tiket promo air asia. Kami akhirnya mengurus visa kunjungan biasa bukan visa waiver karena kami belum memiliki e-pasport ( syarat utama visa waiver ) dan visa kunjungan ini kami gunakan untuk masuk ke Korea Selatan. Urus Visa Jepang ga pake ribet

Adapun syarat2 untuk mengajukan permohonan visa ke Jepang , ini gua copas dari webnya , syarat2 lengkap bisa lihat di web :


Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa
  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Perhatian:

* Dokumen harus disusun sesuai urutan No. 2 – 8 sebelum diserahkan di loket.
* Bagi yang termasuk dalam kategori berikut, maka Pemohon maupun anggota keluarga (suami/istri dan anak) tidak perlu melampirkan bukti keuangan (tercantum pada nomor 8). (Bila diperlukan, dokumen tambahan akan diminta untuk melengkapi atau membuktikan hal tersebut).
  • Pemohon adalah karyawan perusahaan yang terdaftar di Bursa Saham Indonesia.
  • Pemohon adalah karyawan BUMN.
  • Pemohon adalah karyawan dari perusahaan yang menjalin kerja sama dengan perusahaan di Jepang.
  • Pemohon adalah karyawan dari perusahaan joint venture Indonesia – Jepang, atau anak perusahaan Jepang, atau cabang dari perusahaan Jepang.
  • Pemohon adalah karyawan dari instansi pemerintah.
  • Pemohon adalah budayawan/ seniman yang sudah go-international; atlit yang sudah diakui ; dekan, profesor, asisten profesor dari universitas; pimpinan museum, atau lembaga penelitian pemerintah maupun swasta.
* Bila aplikan ingin mengajukan permohonan visa untuk kunjungan berkali-kali (Multiple Visa), maka harus melampirkan surat penjelasan alasan keperluan kunjungan berkali-kali ke Jepang atau surat penjelasan dari pihak Pengundang.
* Untuk visa kunjungan berkali-kali, harap melihat persyaratan visa untuk kunjungan berkali-kali.

VISA WAIVER

Visa waiver dan visa kunjungan wisata bisa itu berbeda. Visa waiver Jepang bentuknya hanya stiker seukuran kartu nama. Sedangkan syarat pengajuan visa waiver hanya e-pasport ( ga bisa paspor biasa ) dan form aplikasi.

H-3

Karena dapat promo Air Asia, jadi ada tiket yang sudah di bayar. Dan waktu itu udah stack, jd nanya aja di grup facebook backpacker dunia. Akhirnya tiket Icheon – Osaka dibuatin booking sama teman yang baru saja kenal di bd …  Baik deh.

H-1

Tanya2 lagi ke teman BD yang baru kenal tentang syarat2 dan tips trik. Kata temen itu, pengajuan sedang ketat2 karena ada wisatawan yang ga keluar Jepang a.k.a menetep disana. Dan disaranin aja membuat surat sponsor aja sejak awal pengajuan …

Ternyata sponsor itu tidak harus dari sana, tp bisa juga surat keterangan kerja dari kantor yg memastikan kita tidak akan kerja di Jepang dan akan segera pulang setelah urusan kita disana selesai. Jadi langsung aja minta tolong contoh format. Dan sore harinya langsung bikin deh. Minta ttd dari HRD kantor.t
.

 Lokasi

Kedutaan berada samping Plaza Indonesia , kalau naik TransJakarta bisa turun di Halte Tosari dan Sarinah. Kalau naik KRL m bisa turun di dukuh atas kemudian menyambung kopaja P19 atau metromini 640.

D-day

mesin antrian kedutaan jepang

mesin antrian kedutaan jepang

Kami tiba di kedutaan jam 8, mungkin di depan gua ada 15-san orang. Sekitar jam 8.15, antrian mulai masuk per 7 orang. Sekilas kami kloter ke tiga lah … Masuk pintu pertama,  kemudian kita menukar ktp dengan id card.

Masuk pintu kedua, kita disambut ucapan “selamat pagi…” dari dua petugas ce dan co.  Kita di cek barang dan badan. Tas gua aman…  Badan gua kena dua kali, pertama bunyi. Trus keluarin koin2 uang, coba lg tetap bunyi…  Tetap bunyi, gua bilang aja krn gesper…  Bapaknya langsung minta maap…  Omggggg baik banget . Bahkan….  Kalau dibamdingkan @amerikanya di pacific place, disini jauh banget dari ketat. * Sepertinya grup 7 orang ini masuk untuk menghindari antrian saat cek barang2.

Keluar pintu,  trus masuk ke pintu seberang di ruang pengajuan. Nah dari sini jangan lupa ambil no antrian…  Mesinnya ada disamping loket 5′,,  ada dua mesin jangan salah ambil no antrian yoo…. No antrian kiri akan diawali huruf “A-xxz”.

Susun semua berkas sesuai dengan syarat2 di web. Jam 8.28 waktu hp gua (mungkin di mereka sudah 8.30)  loket bener2 dibuka…  Wow sesuatu banget kan…

Loket 1 khusus travel atau agen, loket  2-3 WNI,  loket 4-5 warga jepang. Gua dpt no A19. Gua perhatiin di loket 2-3 waktu perorang paling 5 menit, bahkan cepat. Dan ada yang diisi 2 orang pemohon.

loket kedutaan jepang

loket kedutaan jepang

Nunggu  20 mnt gua dipanggil. Pas dipanggil masukin berkas, ditanya sama mas2 di dalam loket “bareng teman ga…”  Akhirnya Istri dan Novri, gua panggil. Jd kami langsung diproses bareng. Berkas dimasukin semua, karena beberapa berkas kami sama seperti jadwal perjalanan,  tiket dan booking2 yang sama cmn diambil 1 kopi, 2 kopi dikembalikan. Kemungkinan sih,  visa kami diproses bareng aja. Kami isi form kecil no paspor. Proses pemberkasan paling 5 menit sudah selesai. Diberitahu kapan bisa mengambil hasilnya. Dan pembayaran ternyata di akhir…  Itu juga kalau lulus…

* nah, ternyata kertas td di steples di bagian belakang pasor kita

Kelar itu udah deh pulang…  Pas keluar, kami tidak melihat ada antrian lagi diluar. Kl didalam sih emang banyak, paling yah 10 org aja. * Malam harinya buka grup bd, ada wni yg di deportasi saat masuk Haneda. Tp belum ketauan penyebabnya. # update kasus, ternyata di deportasi karena data2 booking dia tidak valid.

Hari yang dinantikan , pengambilan :

bukti pengajuan visa jepang

bukti pengajuan visa jepang

Gua datang sendiri ke kedutaan , hanya membawa tiga kertas yang jadi bukti pengajuan visa dan uang secukupnya. Proses di kedutaan dari pintu masuk sampai diloket sama seperti saat pengajuan visa. Karena siang hari, di dalam gua nunggu cukup lama sekitar 1/2 jam kemudian dipanggil. Di loket langsung serahin tiga kertas, kemudian dapat paspor dan Alhamdulillah semua visa disetujui. Bayar sesuar tarif, dan selesailah proses pengajuan visa Jepang kami.



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

3 thoughts on “Survey Korea Jepang : urus Visa Jepang ga pake ribet

  1. Pingback: Survey Korea Jepang : cuaca di Korea

  2. Pingback: Survey Korea Jepang : keliling KLIA2 Malaysia

  3. Pingback: masuk Korea Selatan dengan visa kunjungan wisata jepang

Leave a Reply