Lamaran

Assalamualaikum Wr. Wb.

Karena waktu persiapan yang cukup singkat dan juga waktu disana ( Kuansing ) yang sangat sedikit. Jadi acara lamaran dibuat pendek. Biasanya disana acara lamaran ada dua bagian , secara agama dan adat yang diadakan dalam sesi yang sama.

Nikahan – Cincin Lamaran

Sesi agama sendiri sama seperti di tempat2 lain , yang pasti memastikan bahwa calon mempelai tidak memiliki ikatan , dengan orang lain, tujuan kedatangan kemudian menentukan hari baik pernikahan.

Nah secara adat , karena gua dari luar kota seharunya acara adat salah satu tujuannya memastikan asal usul calon apalagi gua belum mempunyai ayah angkat kan. Kemudian , untuk memberikan kepastian bahwa gua memang serius dengan calon , maka harus memberikan “jaminan” berupa emas 24 karat dengan berat bebas.

Nah untuk barang seserahan selain emas td itu bebas2 saja.

Kami membeli emas di daerah Blok M Square. Karena waktu yang sangat terbatas , akhirnya kami membeli (memesan) emas 24karat dalam bentuk cincin tanpa ada ukiran apapun. Butuh 3 hari untuk membuat cincin ini. Dan alhamadulillah , H-1 lamaran barang yang dipesan sudah jadi. Kenapa disebut “jaminan” …. nantikan kelanjutannya

Sabtu, 20 Juli 2013
Karena alasan yang diatas, acara lamaran kemarin dipersingkat . Kami tiba di rumah Kuansing sekitar jam 4 sore, kemudian kami mengobrol dahulu. Dua keluarga besar berkumpul di sini. Bersapa dan saling memperkenalkan anggotanya masing2 sekaligus mencairkan suasana tegang. **hayyahEsKaleh**

 

cas cis cus ces cos ….

 

Akhirnya dengan sedikit pantun , disampaikanlah tujuan kami bersilaturahmi ke sana. Setelah itu bertanya tentang status si calon wanita. Setelah itu menentukan tanggal bahagia itu , dibukalah kalender. Alhamdulillah, tanggal berhasil ditentukan dengan cukup singkat. Akad dan resepsi nikah di Kuansing, 7-8 Desember 2013. Kemudian juga diadakan resepsi di Jakarta , pada 20 Desember 2013. Dua minggu setelah akad.

Salah satu pertimbangan yang membuat penentuan tanggal cukup cepat karena waktu itu keluarga besar sepakat bahwa acara baru boleh diadakan setelah idul adha. Jadi pilihan waktunya tidak terlalu banyak.

Setelah semuanya selesai , lamaran yang juga di bulan Ramadhan itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama, sholat magrib dan makan malam. Setelah itu rombongan kami kembali ke Pekanbaru untuk istirahat.

 


Intermezo :

Tulisan ini merupakan bagian dari persiapan saya menjelang pernikahan. Saya bagi2 menjadi pendek berdasarkan mod menulis saya , jadi kalau memang mau tau urutan yang bener mending liat list di bawah ini yah 🙂

  1. Wawan Titin dua menjadi satu 
  2. Singingi Hilir , Kuansing – Kuantan Singingi , Riau 
  3. Pembagian suku di Kuansing 
  4. Lamaran
  5. Persiapan Pernikahan bag. 1 : Gedung , Dekorasi, Dokumentasi, Konsumsi , Pakaian dan Make Up
  6. Persiapan Pernikahan bag. 2 : Prewed, foto kolase, karikatur , undangan dan mahar
  7. Ayah angkat dan masuk suku Domo
  8. Akad Nikah
  9. Acara adat malam hari & resepsi Minggu
  10. Resepsi Jakarta
  11. Uneg Uneg
  12. Foto dan Video Pernikahan sebagian


Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :