Akad Nikah ( 2 of 2 )

Malam hari, sesinya adat Kuansing

 

Pencak Silat

Pencak Silat

Selesai magrib, kami berkumpul di rumah masing2. Kali ini acara mendoa diikuti tetua adat masing2. Gua lupa inti dari kegiatan ini….. Tp sekilas gua denger, td siang sudah akad kemudian kita doakan mereka jadi keluarga. Tidak lupa diikuti dengan makan malam yah….  Oia, makan malam sistemnya dihidang oleh orang2 dari suku yg sama yah tapi tingkatannya berbeda. Acaranya ga terlalu lama ko.

 

Kelar…..  Belum lah…..

 

Selesai acara di rumah ayah angkat. Keluarga istri menjemput saya disini,  istri ga ikut yah. Diiringi rebana , setibanya di depan rumah istri disambut dengan tarian pencak silat. Setelah itu menuju teras rumah untuk pecah telur. Di sini,  keluarga istri membasuh kaki saya kemudian saya memacahkan telur yang sudah disiapkan. Telurnya bukan yg sudah dimasak yah…..

 

Kelar….  Tetap belummmmm

 

Mendoa di Camer - recheck cincin seserahan

Mendoa di Camer – recheck cincin seserahan

Acara dilanjutkan di dalam rumah. Sama seperti acara mendoa ba’da magrib td.  Disini kembali dibuka dengan makan malam loh. Hahahhahahahahahahahhaa…..  Kemudian acara adat lagi….  Sama seperti acara mendia Sebelum sebelumnya, mendoa kali ini diisi dengan syair. Sekilas yang gua mudeng yah, sma seperti mendoa sebelumnya kedua adat menerima dan mendoakan kedua mempelai agar langgeng.

Kemudian,  ingat dengan cincin 24 karat yang diaerahin pada saat lamaran dan bakul balasan yang diisi keluarga ayah angkat td pagi sebelum akad nikah. Nah kedua benda ini, malam ini harus kembali ditinjukan keluarga istri gua kepada kami semua. Apakah benda2 tersebut benar….  Hal ini membuktian bahwa mereka memang bisa dipercaya dan memang selama ini tidak salah orang.

 

Mendoa di Camer - Mohon restu

Mendoa di Camer – Mohon restu

Malam pertama…….  Brlummmmmmmm

 Ga ada namanya malam pertama. Selesai acara mendoa,  gua harua pulang lagi ke rumah dan tampa istri loh. Tapi… Jas yg malam ini gua pakai harus ditinggal di rumah mertua. Sebagai jaminan bahwa esok hari gua bakal kembali lagi ke rumah mertua….  Hahhahaahahaahah

Oke,  seklrang saya kembali.lagi ke rumah ayah angkat,  tp tidak diringi keluarga mertua ya …. Hanya keluarga gua dan angkat Keluarga besar gua yang susdah datang dari td pagi juga kembali ke penginapan tapi ngobrol dolo yah

 

Alhamdulillah,  acara hari ini berjalan lancar semua done. Tp seperti pada umumnnya,  masih ada acara resepsi loh….

 

Minggu

 

Kuning

Kuning

Hari ini acara sudah bebas,  tidak ada adat2 lg. Jas yg td malam di’sita’ juga boleh diambil. Jadi pagi hari selesai mandi dll saya langsung menuju rumah mertua. Pakai pakaian adat juga di rumah mertua. Jadi pakaian pertama yg beruntung warna….  gua ga terlalu tau tentang baju ini, yg pasti ini baju adat. Alhamdulillah keluarga besar yg mau pulang ke daerah masing2 masih sempet datang sekaligus foto2 dulu.

 

Siang hari, kami kembali berganti pakaian ke dua….  Malam hari juga sempat ganti lagi. Kenapa tiga baju, karena sesinya yg cukup panjang,  jadi dipiliah. Oia adat ada disini, biasanya undangan dari keluarga datang pagi atau siang hari. Tetangga siang menuju sore.,,  nah malam temen dan lainnya.  Disini kartu/surat undangan tidak berlaku keluarga. Misal dalam satu rumah ada ayah ibu,  3 anak. Nah kalau memang mau mengundangnya ada untuk bpk dan ibu, trus 3 undangan berbeda untuk si anak.

 

2nd dress ...

2nd dress …

Seperti yg udah ditulis kemarin,  disini ga ada katering. Jd semuanya dikerjakan secara gotong royong yah. Nah yang unik, rata2 warga sana makannya pedas….  Jd kerasa banget kalau ga biasa makan pedas. Kalau ga mau masak, yah bisa pesan sih misal eskrim dan bakso. Tapi tetap aja yg handle.kita disaba. Nah yg di dapur, yah terpaksa menikmati suasana dapur selama acara berlangsung lah. Secara kan yg masak cuman mereka. Tp tetap ada istirahat donk, kita kan bukan kerja rodi

 

Nah jumat malam dan sabtu malam mgg, krn masak tetap nerlangsung. Ada hiburan live music khas sana yang terus berdendang aja. Lupa namanya dan ga sempat ngerekam.

 

last

last

Malam kedua….

 

Malam sudah boleh tinggal disini. Sebagai hiburan juga ada panggung di seberang rumah.

Oke, sekian rangkaian akad nikah dan resepsi pernikahan Titin dan Wawan di Pekanbaru.


Intermezo :

Tulisan ini merupakan bagian dari persiapan saya menjelang pernikahan. Saya bagi2 menjadi pendek berdasarkan mod menulis saya , jadi kalau memang mau tau urutan yang bener mending liat list di bawah ini yah 🙂

  1. Wawan Titin dua menjadi satu 
  2. Singingi Hilir , Kuansing – Kuantan Singingi , Riau 
  3. Pembagian suku di Kuansing 
  4. Lamaran
  5. Persiapan Pernikahan bag. 1 : Gedung , Dekorasi, Dokumentasi, Konsumsi , Pakaian dan Make Up
  6. Persiapan Pernikahan bag. 2 : Prewed, foto kolase, karikatur , undangan dan mahar
  7. Ayah angkat dan masuk suku Domo
  8. Akad Nikah
  9. Acara adat malam hari & resepsi Minggu
  10. Resepsi Jakarta
  11. Uneg Uneg
  12. Foto dan Video Pernikahan sebagian


Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

One thought on “Akad Nikah ( 2 of 2 )

  1. Pingback: Dua menjadi satu list | Wirawan Prasetyo

Leave a Reply