CSR ( Community Social Responbility )

Belum masuk udah foto2 donk ….

Sesuai dengan rencana minggu lalu karena adik2 masih ada yang sekolah maka kita berkumpul jam 9 dan berangkat jam 10. Karena beberapa hal gua bangun siang dan kemungkinan tiba di Yayasan jam 9 lebih banyak. Ternyata adik2 datang tepat waktu begitu juga kk2-nya ( yang pasti selain saya yah ) , jadi jam 9 sdh bs berangkat.

Akhirnya diputuskan bertemu saja di Blok M, pintu masuk Transjakarta. Ternyata  tiba di Blok M kecepatan. Jadilah muter2 dulu sampai ke Plaza sekalian nyari si stiker Tom Jerry ( yang ga jadi dipakai ). Sekitar setengah 11 dapat telp adik2 sudah naik di halte. Jadilah gua yang sedang ngadem cepat2 nyusul ke halte.

Berangkat naik bus gandeng, untung tidak terlalu ramai jadi nyaman2 aja. Melihat Patung Pemuda Membangun Bangsa ( ini loh yang deket STC , Ratu Plaza) dan monument Monas dari sekitar bundaran Bank Indonesia. Jam 11 lebih sudah sampai di Halte Jakarta Kota, langsung nyebrang melalui undepass. Sayang, terjadi miskomunikasi, udah mau masuk ternyata mau istirahat dan sarapan dulu. Alhasil keluar lagi. Lucu dengan kelakuan adik2 di mesin x-ray , takut2 masukin tasnya.

Kelar istirahat makan snack, kami sholat dulu. Alhadulillah, ada Pizza Hut. Makan deh, walau adik2 malu2 dan maklum saja mereka tidak terbiasa, setelah sedikit provokasi makan juga deh akhirnya ( sebenarnya sih si provokator yang laper, cuman kan jaga imej donk ). Gua sempat nanya untuk permintaan guide, masak kata mereka cmn ada jam 10 dan 2. Ahh … Gua yang salah denger atau knapa yah

Kelar itu, siap2 masuk ke dalam Museum Bank Indonesia deh.  Sayang sajian animasi koin di pintu masuk masih mati ( hiks , dua kali kesini masih mati ).  Tp disambut dengan video di aula , lumayanlah 15 menit ngadem. Lanjut ke dalam menikmati sajian2 visual di MBI. Dan disambut dengan hp jatuh. Berhubung gua tau sedikit tentang mbi, jadilah gua bisa membantu adik2 menerangkan sedikit2.

Sebenarnya ini ruang replika

Tidak lupa juga poto2 didalam. Memegang replika emas di ruang penyimpanan. Juga ruang yang menyimpan spesimen2 uang kertas dam koin dari berbagai masa dan negara. Duduk di replika koin masa lalu, kami mengajukan pertanyaan2 ke adik. Sayang semakin kecewa,  ruang display yang menyimpan cara2 pembuatan dan distribusi uang sedang tutup. ( kalau ga salah di basement deh )

Kelar dari sini dilanjut dengan ke Fatahillah jam 2an. Dengan tarif 5rb , menurut aku Fatahillah sangat mahal. Dan disini gua ga bisa ngeguide, maklum wong gua aja ga terlalu suka dengan museum ini.

Yang pasti , disini sangat banyak cctv berkeliaran. Bahkan kalau bs dibilang canggih. Disini paling sebentar saja. Setelah itu foto dan duduk di taman belakang. Oia, lupa ruang penjara bawah tanah. Dan pertanyaan lucu “ Kak, kapan ke museum Fatahillah “ … hayyah, gagal total di mari.

Di Museum Sejarah Jakarta a.k.a Fatahillah, rusak dah nih

Iseng2 gua mengajukan pertanyaan tentang patung di taman belakang, Patung Hermes. Setelah mereka berlari mencari tau nama Patungnya, gua ga perlu tanya behind scene-nya. Gua Tanya aja dimana letak asli patung tersebut. Adik2 ga ada yang bisa jawab, baru gua sadar, keterangannya kan da di pintu keluar belakang patung. Heheheheh . Trus ganti pertanyaan aja deh , suruh ngitung jumlah daun jendela. 13 loh

Kelar dari sini ….

“4B+1T; Berbagi, Belajar, Bermain,Bercerita & Tersenyum lah”

Sekarang the main events, traktiran. Konsep acara disini si kakak mentraktir si adik, apa dan bagaimana bebas. Sebenarnya traktiran dimulai dari sejak Yayasan sampai pulang, tetapi karena Alhamdulillah banyak donasi yang masuk jadi dikurangi saja. Jadi , ada adik2 yang naik sepeda. Ternyata si kk-nya ga bs, gua yang akhirnya genjot2 deh.

Traktiran gowes nih …..

Hihihi …. 3 atau 4 kali kesana, br kali ini nyoba. Skitar 1/2 jam ngos2an , istirahat. Ada juga yang beli mainan ( eh untuk menghindari kecemburuan social, yang lain pun dibeliin … kalah sama anak2 ).  Ada yang minta foto2 bule. Adik2 ditantang dong bicara sendiri, malu2 tapi akhirnya beberapa berani. Eh ketagihan , satu kali dua kali eh sampe lima kali.

Kembali ke masjid MBI. Sholat Ashar kemudian menghabiskan snack dan pizza yang tadi dibawa. Kelar itu, foto2 lagi barulah berpisah, karena gua memilih naik kreta sedangkan mereka naik terans lanjut 69 sampai ciledug

Behind story …

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kami teman2 alumni Majelis Ta’lim Al-Khawarizmi Bina Nusantara. Dimulai pada awal tahun 2013 ada cerita dari bu Iis yang mengorol dengan temannya kemudian mendatangi Yayasan AT Ta’awun , Ciledug ( 02193613680 / 085211593000) yang butuh relawan pengajar. Kemudian diputuskan kita akan mengajar computer dan bahasa Inggris. Sedangkan gua mundur di awal, karena lokasi terlalu jauh.

Dengan berbagai kendala, kegiatan mengajar untuk anak2 setingkat SD ( tanpa kelas ) dimulai sejak akhir Februari atau awal Maret. Gua yang memang agak “sok” sibuk , cuman berhasil datang ke sana dua kali. Disana adik2 diberi pengajaran tentang computer, dimulai dari hardware sampai mengetik. Kemudian ada pengajaran bahasa Inggris.  Dengan materi bernyanyi,  menulis, membaca. Alhamdulillah, pengelola yayasan yang juga seorang ustad memberi apresiasi, termasuk juga dari warga. Dan meminta lagi untuk anak2 setingkat SMP.

Nah yang ini proses mengajar di minggu2 sebelumnya ….

Sedangkan hari ini ( 27 April 2013 ) , kami mengajak adik2 ke Kota Tua. Adik2 yang diajak berdasarkan pilihan kami. Ya walau tidak tega juga, yang tidak ikut les tp mau ikut membayar pribadi. Tapi ini sebagai bentuk reward kepada mereka.  Dan acara sukuran karena kelarnya kegiatan ini yaitu di Yayasan hari Minggu , 28 April 2013.

Alhamdulillah, walau gua ga ikut yang tanggal 28 April. Namun acara yang diadakan sukses. 5 orang dari Rumah Dongeng Indonesia beraksi di acara ini. Kata teman , “dongeng udah ngalahin OVJ” dan “ Dongen is inspiring “.

Sebenarnya ada pertanyaan yang diajukan saat kami membawa adik2 ke Kota Toea, “kapan kknya ngajar lg “ ,,,, aku cm brani bilang “besok tanya ka Iis “ ,,,, dan aku cuman bilang ke Iis “ Beosk ( minggu 28/4 ) siapkan tisu. “

Perkenalan itu sebenarnya awal dari perpisahan …. Fisik atau pada akhirya dunia

Foto dari Iswarti dan laporan yang dibuat Iswarti trus aku upload ke scrib .

Trima kasih adik2 ….
Setelah 3 bulan , akhirnya saya muncul lg 🙂



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

2 thoughts on “CSR ( Community Social Responbility )

Leave a Reply