Desa Sawarna . . .

Wisata ke Sawarna

Kali ini wisata gua ke ngetrip ke kampung Sawarna bersama teman2 dari Hitchhiking Indonesia ( HI ). Wisata kali ini sebenarnya gua hindarin, tapi berhubung ada teman SHF yang seteres berat karena cuti panjang cuman di Jakarta jadilah ikutlah kami membantu mengisi liburan dengan jalan2. Tim dibagi dua, ada 2 motor dan satu mobil.

 

Desa Sawarna

Desa Sawarna secara administrasi masuk kecamatan Bayah – Kabupaten Lebak – Provinsi Banten. Tapi, secara geografis letaknya sudah mendekati Jawa Barat. Dari Kota Pelabuhan Ratu, Jawa Barat menuju Desa Sawarna sekitar 100km perjalanan sedangkan dari Rangkasbitung, Banten sekitar 150km.

Akses jalan ada 3 pilihan :

  1. Melalui Pelabuhan Ratu.

Jalur ini pada saat kami lewati jalannya cukup bagus. Medan yang dilewati banyak tanjakan panjang dan turun.  Jika anda mau melalui daerah ini, ada satu bukit yang cukup baik untuk melihat matahari terbit. Letaknya sekitar ½ jam keluar kota. Jika mau, cobalah sholat subuh di kota kemudian lanjut jalan.

  1. Rangkasbitung

Jalur ini cukup lebar dan bagus namun ya itu jaraknya sangat jauh.

  1. Cipanas – warung banten

Tim motor yang melewati jalur ini sangat “terkesan” dengan medan yang dilewati.  50 km jalan di sini sangat hancur dan harus ditempuh

 

Ketika akan memasuki desa sawarna kita akan melalui tanjakan2, sebenarnya kendaraan apapun bisa melewati jalur ini. Tapi sebagai mana ciri khas jalanan kita, pasti ada aja yang hancur. Kemarin kami menggunakan kendaraan karimun dengan full penumpang dan beberapa kali bagian bawah mobil tergores batu.

Stasiun POM Bensin

Sabtu pagi ketika kami memasuki kota Pelabuhan ratu, ada 2 spbu yang masih tutup. Minggu siang ketika akan pulang, spbu di pertigaan bayoh ( +- 5 km dari sawarna ) masih tutup. Untung persediaan bensin masih cukup, akhirnya kami mengisi bensin di Malingping, +- 35 km dari bayoh. Namun jika terpaksa banyak bensin eceran dijual di pinggir jalan.

 

Objek wisata :

Desa Sawarna , yap benar ini memang desa. Dan di desa ini objek wisata terdekat adalah pantai tanjung layar dengan berjalan ditempuh sekitar 20menit. Kecuali kalau kalian menggunakan motor makan akan lebih cepat. Ketika masuk dan menyeberang jembatan selebar 1m maka akan diminta uang. Namun kami menggunakan jalur lain.

Di desa ini, banyak tersedia penginapan. Jika kamu mau membuka tenda, ada spot di daerah tanjung layar dan juga wc2 umum. Begitu juga soal makan , disini cukup tersedia warung. Kalau kamu sewa homestay, biasanya dihitung per kepala dan sudah termasuk makan. Tapi bisa juga opsi makan dihilangkan yah.

Ada beberapa objek wisata, anggap aja desa sawarna sebagai titik 0km yagh :

  1. Pantai Ciantir

Kalau disini masih cukup aman untuk berenanga. Jarak dari Desa Sawarna sekitar 10 menit.

  1. Pantai tanjung layar …

Jangan berharap bisa berenang di daerah sini. Karena disini sebenarnya batu besar tempat foto. Jarak dari Pantai Ciatir sekitar 15 menit jalan.

  1. Lagoon pari

Nah kalau mau brenang bisa disini, namun jaraknya cukup membuat kaki kita berolahraga. Kalau menyusuri pantai butuh setengah jam lebih menuju daerah ini. Kalau melewati kampung bisa satu jam.

  1. Goa Lalay

Goa ini masuk ke dalam sekitar 100mtr, dan dipenuhi lumpur.

 

Penginapan :

Kami menginap di rumah warga. Namun tuan rumah sudah beberapa kali menerima tamu mahasiswa untuk menginap. Jika mau menginap di homestay, banyak tersedia di jalur utama. Untuk makan ada opsi memesan atau beli sendiri.

 

Durian Jatuhan Ajib dan Pizza di Serang …

Dalam perjalanan pulang, kami menggunakan jalur Serang dan sempat membeli durian dolo dan makan pizza di Serang.

Untuk kegiatan disana yag sepertinya tidak perlu gua ceritain yah.  Karena cuman jalan pesisi pantai saja. Oke sekian sharing gua ….

 

 



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

Leave a Reply