Pulau Tidung @3-4 Juli 2010 ( 1 dari 2 )

Assalamualaikum Wr. Wb.

Love Bridge

Love Bridge

Kali ini gua akan bercerita tentang perjalanan gua ke Pulau Tidung salah satu gugus Kepulauan Seribu. Gua jalan2 ke sini dengan teman2 kuliah dalam rangka refreshing aja.

Prolog


Pulau Tidung besar dan kecil

Kedua pulau ini merupakan gugus kepulauan Seribu yang terpisah +- 1 km. Tidung besar memiliki -panjang +- 4 km sedangkan Tidung kecil +- 2 km. Di TIdung besar sudah berkembang dengan pesat sebagau sebuah kota yang terletak di pulau. Sedangkan di Tidung Kecil hanya ada pohon pembibitan seperti bakau dan tidak ada tanda2 kehidupan umum

Di Tidung Besar kita dapat dengan mudah mencari penginapan seperti homestay dengan harga +- 400 rb ataupun sewa kamar dll. Sedangkan transportasi ada ojek ataupun gerobak bermotor, becak biasa dan bermotor ataupun sewa sepeda Rp. 15rb.

Untuk menuju pulau ini, dapat melalui pantai Marina yang diprioritaskan warga setempat ataupun melalui pelabuhan ikan Muara Angke yang baunya super duperrrr bau.

Muara Angke

Jumlah kapal yang brankat melalui pelabuhan ini tidak tetap. Biasanya pad hari Senin – Jumat, kapal akan brangkat jam ½ 8 pagi dan tiba di P. Tidung Besar jam 10 / 11. Sedangkan pada hari Minggu, karena banyaknya pengunjung kapal biasanya sudah penuh jam 7 dan langsung brangkat. Sedangkan kapal yang disediakan tidak tetap, sebagai contoh kemarin ada 9 kapal.

Pada hari Libur, disarankan datang sebelum jam 7 untuk mendapatkan kapal. Perjalanan bisa memakan waktu 2 ½ – 3 ½ jam tergantung kapalnya. Kemarin dengan menggunakan kapal kecil 2 lantai bisa 2 ½ jam sedangkan ketika pulang dengan kapal besar 1 lantai menjadi 3 ½ jam. VIuhhh .. kapal gede tenaga kecil.

Tiket saat berangkat dibayardi kapal +- 1 jam sebelum sampai sedangkan saat pulang membeli di dermaga.

Snorkeling

Sebenarnya di jembatan penghubung Tidung Besar dan kecil ada tempat snorkel tapi tidak kualitasnya direkomendasikan. Untuk Snorkeling yang lebih jauh, kita dapat menyewa kapal dengan kapasitas+- 15 org dengan harga Rp. 400rb menuju snorkeling point seperti di pulau air. Sedangkan sewa alat2-nya Rp. 35rb.

Jangan lupa membawa makanan, karena abis snorkel biasanya lapar. Sedangkan snorkel tidak hanya di satu titik.

Sunrise dan Sunset attack

Kita dapat melihat keduanya melalui jembatan penghung kedua pulau

Makan

Masalah makan sepertinya tidak masalah, banyak warung2 kecil yang menjual makanan sejenis mie2 dan bakso. Namun untuk makanan berat ada baiknya memesan terlebih dahulu

Prolog selesai


Jum’at, 2 Juli 10

Malam mini gua memutuskan tidur di kost teman yang deket kampus agar besok ga perlu brangkat pagi2 dari Depok yang jauhnya minta ampun

Sabtu, 3 Juli 10

Muara Angke

Muara Angke

Sampai dengan jam 2 pagi gua masih menikmati ngrumpi. Sebenarnya agak takut juga jangan2 nanti pagi ga kebangun pula. Alhasil, terpaksa kirim sms ke teman agar nanti jam 5 pagi minta dibangunin dan pastikan hape kami tidak pada mode silent apalagi low bat.

Dan benar saja … hampir saja kami kesiangan tapi akhirnya tidak jadi.

Dan rencana meeting point di sekitaran kampus diubah menjadi di sini. Ah lumayan deh ga perlu cape’2 ke kampus di pagi hari. Namun dari rencana awal kumpul jam ½ 6 pagi telat menjadi jam ½ 7 pagi. Padahal kapal berangkat jam 7 pagi.

Tapi Alhamdulillah perjalanan menuju saja hanya memakan waktu +- 25 menit saja.

Tips menuju dermaga

Pada pagi hari sebaiknya kita menggunakan angkutan pasti seperti carter mobil atau taksi. Jalur yang dilalui adalah dari arah Perempatan Grogol lurus terus menuju Utara , Jembatan Tiga. Ketika mentok ( daerah mall2 ) kita wajib searah ke kiri ikutin aja setelah itu langsun memutar ke kanan.

Setelah memutar ketika ada pertigaan, langsung belok kiri arah Pluit Putra. Nah dari situ, ikutin terus ketika mentok belok kiri Jln Pluit Karang Utara arah Pasar Ikan. Nah tinggal ikutin aja langsung ketemu ko’

Dermaga Muara Angke

Tiba di dermaga, langsung mencari kapal yang menuju Tidung. Akhirnya kami dia arah ke kapal paling ujung yang masih kosong. Tapi dinaikin juga. Sebenarnya agak ragu juga, apakah salah kapal karena kapal ini relative kosong. Kalaupun jalan dan menugu penuh akan menunggu berapa lama. Setelah menunggu sekian lama kapal pul berangkat.

Singkat cerita perjalanan ditempuh +- 2 ½ jam tanpa ada hambatan yang berarti mungkin karena masih pagi.

Dermaga Tidung

Tiba di Tidung sekitar jam 11 kami sudah di tunggu tuan rumah pemlik rumah yang kami sewa. Oia, kami tidak menggunakan Event Organizer jadi semuanya diurus sendiri. Sesampainya disana beristirahat sebentar lalu makan siang datang.

Tidung

Tidung

Setelah itu kami bernego mengenai kapal untuk menuju snorker point dan memesan makan malam. Kami memutuskan berangkat setelah sholat agar bisa sekalian menjamak ashar dan tidak takut kehilangan waktu sholat + bisa istirahat dulu.

selasai sholat kami langsung kapal yang menuju snorkel point yang menunggu di dermaga sebelah barat. Dan benar saja, karena dadakan kapal yang kami dapat adalah kapal yang sebenarnya sedang turun mesin tapi masih tetap save. Oia, semua alat snorkel dan live vast sudah dipakai dulu donk.

Perjalanan menuju point pertama +– 30 menit. hadoohhh lama …. Setibanya di point pertama, ternyata seperti pulau kecil di tengah laut ( Deket Karang Besar ). Nah menurut penilaian kasar gua, nilainya cuman 3 / 4. ga ada terumbunya paling buat poto2. Yang ada gua malah minum air gara2 tempatnya terlalu dangkal.

Setelah ini menuju pulau KArang Besar, disini kami hanya poto2 saja sebentar karena tidak ada snorkel pointnya. Setelah itu lanjut lagi menuju snorkel point ke 2, pulau air. Disinilah tempat yang lumayan bagus. walaupun karang2nya keras2 smua tapi bentuknya banyak. Sayang, tidak ada ikan2 kecil yang berenang.

Cape dan sudah kesorean, kami memutuskan kembali ke Tidung. Rencananya ada tiga point, tapi karena keterbatasan waktu akhirnya kembali saja. Saat kembali, ombak mulai membesar paling satu meter tapi lumayan juga ngetes nyali …. life vest tidak dilepas ?

Tiba di Tidung langsung menuju penginapan. untung di sebelah ada warung jadi bisa mesen makanan yang hangat, tidak lain tentunya mie + the manis hangat.

Acara selanjutnya … bebas + nonton Argentina Vs Jerman ….


Pulau Tidung @3-4 Juli 2010 Series : [ Sabtu ] – [ Minggu ]


Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

4 thoughts on “Pulau Tidung @3-4 Juli 2010 ( 1 dari 2 )

  1. Pingback: Pulau Tidung @3-4 Juli 2010 ( 2 dari 2 )

Leave a Reply