5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 3 : Surya Kencana – Venus – Masjid Raya – Taman Kencana – Pangrango )

Biar ga kepanjangan, tulisan ini saya bagi jadi 3 bagian :
1) 5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 1 : Opening )
2) 5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 2 : Stasiun Bogor – Masjid Agung – Taman Kopi – Toge Goreng dan sekitarnya. )
3) 5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 3 : Surya Kencana – Venus – Masjid Raya – Taman Kencana – Pangrango )

Toge Goreng Gg Besi Surya Kencana

Pas gua bilang ke teman mau kesini, dia sempat kaget. Toge lagi .... ga kenyang tuh. Hahahaha. Gpp-lah namanya jg wisata kuliner. Jujur aja teman gua ga tau tentang tempat ini, tapi gua sudah dikasih tau jalur angkotnya 02. Namun akhirnya diputuskan jalan saja takut kelewatan.

Pas awal2 jalan Surya masih ada tanda2 kehidupan ... termasuk kehidupan petugas De-El-El-Aje yg tiba2 nongol dari pos di kiri jalan ketiga ada truk box masuk ke jalan ini. Nah loh .... pak jaga atau njebak tuh ??? Gedebruk dah ...

Setelah jalan sekitar 200 m, gua nanya ke Ibu2 di warung klontong ...” Bu Gg Besi mana yagh ” ” disana mas,masih jauh ”. Berapa jaraknya “ jauh ...”. Sial, jawaban khas orang Indo banget tuh ... sangat tidak spesifik ... gua jadi bingung mau jalan atau naik angkot. Namun akhirnya diputuskan tetap naik pedistrian a.k.a jalan kaki di siang bolong.

Makin lama makin hilang tanda2 kehidupannya .... di lorong2 kiri jalan sih ada tanda kehidupan, tapi gua ga berani masuk. Setelah jalan ( ga inget jarak ) gua bertanya Gg Besi ke tukang parkir, yagh jawabannya masih di depan. Setelah jalan lagi, gua nanya lagi ke tukang parkir “ Itu mas yg ada plang Bank Lippo ”. Alhamdulillah ....

Tapi sirna udah toge di kepala .... gangnya cukup besar di kanan jalan. Pas gua liat sudah tidak ada tanda2 kehidupan di situ kecuali anak2 muda yg menurut gua ..... ( sensor – red ). Akhirnya diputuskan destinasi ini ditunda untuk wisata kuliner di kesempatan yg lain.

Pas nulis ini, gua sambil liat peta ... dan jarak BTM – Lippo sekitar +- 1 km .... wahahaha

Berarti ke destinasi berikutnya ...

Plaza Eka Lokasari dan Roti unyil Venus

dsc00581.JPGDari depan Lippo, gua langsung naik angkot. Karena yg ada cuman 02, ya udah naik aja dan tanpa tanya2 lagi. Yg gua ingat + gambar peta dari Mbak E’, Venus sudah pindah ke Ruko di sebelah Plaza Eka Lokasari. Pas jalan ... gua liat2 juga donk jangan sampai kelewatan. Tiba2 angkotnya belok kanan ( Lawang Gintung ), depan kantor pos. Ya udah langsung turun trus bayar aja Rp. 2.000,-.

Sambil melihat gambar lokasi Surya kencana dan Venus harusnya lurus terus sampai pertigaan besar. Karena sudah turun, gua nanya aja ke tukang rokok dekat situ. Situ mas ... arah lurus ( bukan belok kanan angkot ) barusan ... Setelah gua jalan sebentar, dari kejauhan sudah kelihatan plang nama Venus yg cukup mencolok.

Karena tepat disampingnya adalah Plaza, yagh mampir dulu donk. Itung2 Wawan was here-lah dan sekalian ngadem .... hahah. Muterin plaza ini ga sampai 20 menit langsung keluar lagi deh. Jangan sampai gua khilaf apa lagi ada sale toko pakaian dalam rangka soft launching. Hihihi ....

Bencana dimulai .....

Salah satu alasan gua malas masuk toko2 adalah ngantri. Kadang yg kesel ngantrinya asal-asalan. Yagh salah satunya disini. Mungkin teman2 tau adegan pedagang di pasar yg teriak2 berbeut minta dilayani duluan ... ataupun saat pembagian Bantuan Layanan Tunai di kantor pos2 .... Inilag yg benar2 gua rasain di toko ini.

Calon pembeli saling teriak berebut minta dilayani telebih dahulu .... “ mbak 30 2 ” maksudnya beli 2 kotak isi 30 ada “ mbak 50 ....”. Damn .... I hate this situation.... realy2 hate . Yang lebih parah, udara penyejuk ( AC ) tidak terasa ... or malah ga ada yagh. Hugh .... gua sempat teriak berapa kali, tapi Karena situasi peak dan kasihan embak2-nya, gua sabar aja deh.

Tiba2 ada gerombolah abg co di kanan yg bercandanya minta ampun sampai2 lem sedotan untuk jebakan lalat juga dibuat main. Mereka bercanda yg bikin kesel .... namun keselnya lagi, mereka malah dilayanin duluan. Mungkin karena mereka berhasil menarik perhatian mbaknya kale yagh ...

Jarum jam dinding terus berputar, akhirnya ada yg negur “ Loh mas belum ... kirain udah tadi. Bentar yagh mas ” ... nah loh kalo udah kelar gua ga disini lah. Pas dilayanin malah sama Mbak lain lagi , mbak td datang lagi “Sudah kan mas .... ”. Sudah2 .... . Karena roti unyil yg tersedia banyak jenisnya, yagh gua bilang aja ”Mbak campur bikin xx kotak xx buah yg bisa tahan sampai besok” yap karena untuk kantor.

Kata si Mbak “ Campur yagh mas bisa sampai 3-4 hari”. Kelar urusan memesan, langsung bayar deh. Oia, harga roti unyil @Rp.1.150,-. Dan gua liat jam dinding lagi, gua berada di ruangan ini sekitar 25 menit. Gileeeee ..... kenapa sih ga pasang antrian yg rapih geto trus pakai AC.

Pas keluar gua langsung denger azan Ashar di seberang jalan. Sesuai rencana gua mau sholat di Masjid Raya. Jadi bingung .... gua juga masih bête gara 25 menit gua yg mengecewakan. Untungnya pas mau nyebrang ada tukang Es Buah .... udah deh langsung pesan ( tidak lupa tanya harga dolo ). Alhamdulillah Es seharga Rp. 5.000,- rasanya cukup mendinginkan otak dan hati gua. Disini, roti unyilnya gua masukin ke tas. Karena gua malas diliatin orang bawa2 makanan gitu

Setelah bayar, gua nanya ke abangnya ke Masjid Raya naik paan ... Bisa naik 03 dan 09. Pastinya ke arah Barat ( Kanan ) dengan nyebrang dolo. Sayang .... angkot 09 yg gua naikin masih kosong dan ngetem cari penumpang, ya sudah gua terpaksa nunggu deh.

 

Masjid Raya Bogor

Sebenarnya jaraknya deket banget, tapi karena ngetem jadinya lama deh. Setelah turun dari angkot gua bayar aja Rp. 2.000,-

Kejadian lucu terjadi lagi ... Pas masuk gua ga melihat ada plang ikhwan dan akhwat. Jadi gua masuk aja ke penitipan sepatu donk. Pas mau nitip, gua sempat kagok “ Mbak nitip sandal ... ” yap yg nerima ce berjibal dan cantik ?. Setelah diberikan no penitipan, dia bilang “ Mas masuknya belok kiri yagh ... “ rupanya gua masuk dari pintu ce .... hahahahah .... jadi malu saya.

Setelah selesai sholat gua sempat menikmati pemandangan di sisi Selatan masjid dan Timur yg sedang ada renovasi gitu. Setelah itu gua keluar ngambil sandal menuju destinasi selanjutnya ...

 

Macaroni Panggang Taman Kencana

dsc00579.JPGSetelah bertanya, gua naik angkot 03. Disini perjalanan sekitar 15 menit. Jalur yg dilewati : pertigaan eka Lokasari – Masjid Raya – Belakang terminal Barang siang – Otto Iskandar Dinata ( Otista ) – Tugu Kujang – Sempur – Stasiun. Pastinya gua turun di lapangan sempur donk ....

Jujur aja gua ke daerah ini baru satu kali, jadi rada2 lupa gitu. Dulu gua kesini beli es buah Mang Ewok abis dari nikahan teman. Jalan ke lapangan sempur sendiri turun ke bawah ... sedangkan jalan ke Taman Kencana ke atas ( Jln. Salak ) ....

Karena ragu .... gua akhirnya nelp teman gua. Sayank ... telp gua ga diangkat karena dia lagi sebuk. Akhirnya gua nekat aja ke jalan Salak .... sebenarnya ada gerombolan abg disitu, tapi tengsin dong kalau gua nanya. Trus ada juga ibu2 ... tengsing juga kalau ketauan abg tadi kl gua ketauan nanya, secara jaraknya ga jauh.

Karena jalan salak naik dan sepih banget akhirnya sempat juga memutuskan naik angkot 03 arah Pajajaran aja. Tapi engga ah, seingat gua dekat. Pas ada orang dan sepi langsung aja gua tanya “Mas... taman kencana jauh ga engga ... itu di depan ” dalam hati kesel juga, depan mana wong tanda2 kehidupan juga ga ada .... ya wes lah ga jadi naik angkot. Eh bener, jalan 1-2 menit udah keliatan.

Jaraknya sih +- 300m, tapi karena nanjak jadinya lumayan terasa deh. Pas nyampe ... gua cuman melihat Plang nama Warung Chocolate dan apple pie sama kost IPB. Lah Macaroni-nya mana .... tengsing lagi nanya kan, setelah berputar2 .... akhirnya nemu juga sih. Pas udah ketemu, sempat ragu masuk ga karena di depan banyak mobil2 parkir. Masa gua jalan kaki ....

Sudahlah .... nekat saja. Pas masuk gua juga sempat salah, masuk harusnya lurus aja, gua malah ke kanan ( teras ) huahahah .... Pas masuk untungnya ada ibu2 yg mesen jadi gua langsung nebeng aja. Setelah ibu itu selesai, gua tanya “Pesan dimana mas ?? adanya apa mas” ”Tinggal medium dan large. Tapi sebentar dilihat ke belakang dulu .... ”.

Pas mas2 tadi kebelakang .. baru gua liat ada daftar harga di meja. Sial harganya maknyus cui ... Untuk Biasa Kecil : Rp. 14.000,- ( kl ga salah ), Biasa Medium : Rp. 45.000,- dan Biasa Large : Rp. 80.000,-. Pas lagi ngambil duit di dompet, si mas tadi keluar dan bilang “lagi diambil mas, sebaiknya order dulu ... ” maksudnya sih sekalian bayar.

Selesai transaksi , keluar langsung naik 03 sambil nenteng si Macaroni Panggang dalam plastic dan Unyil berat di tas.

Pangrango Plaza ( PP )

Sebenarnya gua sudah tau tempat ini sejak 2003, tapi dulu ga sempat masuk karena berbagai alasan .... akhirnya kini dipaksakan masuk deh. Hiks .... dari luar sangat menyedihkan .... plaza ini sangat terlihat tidak terpelihara dan kalah saing dengan Botani Square ( BoKer )dan Eka Lokasari ( EkaLos ). Pas masuk juga sangat sepih ... escalator naik mati semua, escalator turun hidup mungkin karena ada Giant.

Disini paling 15 -20 menit trus keluar lagi.

 

Botani Square ( BoKer )

Hahahah ... nama gaulnya lucu kan kayak orang BAB gitu. Pas keluar dari PP gua sempat ragu mau lanjut atau ga, jarum jam sudah pukul 16.50-an. Gua harus sampai di rumah sebelum isya. Yagh sebenarnya gua sudah ambil posisi strategis untuk menyetop angkot. Tapi karena ragu2 akhirnya ga naik2 angkot ... makin lama makin ragu.

Akhirnya diputuskan tidak jadi ke Boker ... gua beli minuman dulu di belakang, pas sudah beli ... gua liat bis ke Depok lewat .... huahahaha .. gua diejek.

Ya udah nyebrang aja ... untung ga sampai 5 menit sudah ada bis lagi dan cuman ada sekitar 5 penumpang. Bisnya ini sangat ngebut ... sampai2 2 bis searah di depannya sudah kekejar dan disalipnya ... tapi Alhamdulillah akhirnya cepat juga.

Pas di Depok isi bensi dulu. Gua yg duduk di samping supir sempat ngobrol sebentar trus si supir nanya “Cepet kan bang .... ” “ cepet sih ... tapi kasihan kalau jantungan ” ” yagh tp saya kan ngeremnya alus ”. Dalam hati gua “ Duasar kejar setoran ... kl jantugnya kambuh berabeh luh .... ”. Tapi Alhamdulillah, nyampe rumah pas Magrib, berarti +- 1 jam. Padahal kl macet dan santai bisa 1 ½ jam.

Alhamdulillah ....

Sekedar info aja, angkot2 di Bogor itu sangat banyak .... kadang diledekin sebagai kota angkot. Pokokek dimana2 angkot dah. Abis itu tempat kulinernya juga sangat banyak ... dari berbagai kelas : bawah sampai atas, pagi sampai malam. Pokoke lengkap.

Bogor juga terkenal sebagai kota hujan, jadi siapin aja peralatan anti hujan kamu. Walaupun begitu, cuacanya juga bisa panas jadi sebaiknya menggunakan pakaian yg enak dipakai. Tapi jangan sampai mengorbankan aurat yagh .... aurat co dan ce donk.

Sebagi penutup ... ni petanya :

bogor-1-copy.jpg bogor-2-copy.jpg

Wassalamualaikum

 



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

2 thoughts on “5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 3 : Surya Kencana – Venus – Masjid Raya – Taman Kencana – Pangrango )

  1. Pingback: It’s WP24 and bestfriends_wp » Blog Archive » 5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 1 : Opening )

  2. Pingback: It’s WP24 and bestfriends_wp » Blog Archive » 5 ½ jam di kota Bogor ( Bag. 2 : Stasiun Bogor - Masjid Agung - Taman Kopi - Toge Goreng dan sekitarnya. )

Leave a Reply