Festival Jajanan Bango

bango08-main1.jpgDua hari lalu, Sabtu (09/08) gua ke festival Jajanan Bango. Acaranya diadakan di Pelataran Selatan Gelora Bung Karno. Tidak seperti kegiatan serupa sebelumnya yang diadakan di Gedung Arsip Gajah Mada, Jakarta Utara. Kali ini tempatnya lebih luas dan lebih renggang. Sayank, gua datangnya siang hari, jadi panas.

Jika di Gedung Arsip pengunjung dikenakan biaya HTM Rp. 25.000 ( atau Rp. 20.000 yagh … lupa juga ) dan untuk transaksi, menggunakan sistem voucer Rp. 5.000,-. Jadi ada makanan yg tebilang mahal, karena harus kelipatan Rp. 5.000,- atau malah kebanyakan. Padahal kan banyak yang harus dicoba.

bango08-main.jpgKemarin di Pelataran Selatan, pengunjung tidak perlu membayar HTM dan tidak ada voucer. Jadi kita bebas mau beli berapa, tinggal tanya aja ke penjualnya. Tapi sayang, gua tidak melihat adanya tempat sholat ( atau tidak menemukan yagh ? ) wal hasil gua jalan ke masjid Al-Bina di depan Hotel Atlet Century Park.  😉

Oia, disini para penjualnya diundang oleh Bango loh. Jadi kemarin sempat nanya dengan bos Tahu Slawi. Kenapa mahal … iya mahal bayaranya. Berapa sewanya bang …. Gratis sih, karena kita diajak sama Bango. Yang mahal biaya preman disini. Weks ….

Rupanya, untuk ikut acara ini, Bango melakukan penelitian kepada setiap penjual siapa yang layak ikut acara ini dan tidak ada biaya. Jadi bukan siapa yg punya uang boleh ikut. Karena itu rasa makanannya sudah bisa dipastikan …. muantap …..

Dan ini hasil perburuan gua :

  1. Kedaiku Nasi Soto Udang Medan

bango08-sotomedan.jpg Sebagai pembuka, biasanya gua makan yang berkuah untuk menaikan selera makan. Nah ini salah satunya. Harganya memang bisa dibilang cukup …. Rp. 30.000. Coba deh dilihat mangkuknya, kecil amat yagh. Pas makan rasanya juga tidak terlalu istimewa … Biasa ja. Mungkin yang masih masuk akal, jumlah udangnya ada 6 ekor dan besar2. ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / 021-99934977 )

  1. Nasi Ulam Yoyo ( RM Betawi )

bango08-ulam.jpg Pas baca nama standnya, bikin penasaran juga “ulam”. Pas gua tanya ke palayannya, eh dianya juga ga meyakinkan. “Yagh ini mas … nasi dicampur …. “. Wakakakaka ….. ❓

Walhasil, gua ambil nasinya (Rp. 5.000 ), dan lauk pepes teri + perkedel (Rp. 6.000 ). Murah kan ….

Setelah dicoba, rupanya itu kelapa toh …. mungkin mirip dengan urap yagh tapi beda sayurannya. Dan rasa terinya ….. muantap dah. Uenak … ga nyesal. Perkedelnya juga tebal jadi terasa banget.

Maap … perkedelnya tertutup kerupuk. ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / 021-9213513 ).

  1. Tahu Slawi Tempe Mendoan Barito

bango08-tahu.jpg Tahu dan tempenya maantep dah. Memang sih ga krenyes gitu, tapi tetap mantap di coba. Ga nyesel gua mengantri +- 10 menit karena banyaknya yang beli. Bahkan, ada yg beli sampai puluhan … sip dah.

Gua beli Rp.15.000,- dapat 5 tahu dan 5 tempe, mahal yagh. Rupanya ini mahal karena nutupin biaya preman yang keterlaluan di daerah Bung Karno …. Viuh …. nasibmu Bung, penuh pungli. Piye iki … ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / 0812-8037391 ).

  1. Mie Bloon

bango08-mie.jpg Awalnya sih gua menolak membeli makanan ini, secara dari namanya aja ga srek. Oia … gua paling tidak suka dengan cara2 menarik pembeli yang menggunakan kalimat/kata2 yang bernada negatif.

Tapi sudahah, akhirnya dibeli juga. Gua beli yang bening, sebenarnya aja juga yang agak hitam. Itu kata penjualnya lebih manis ( kayanya ditambah kecal manis ). Kirain gua ini mie ayam loh, karena memang ada potongan ayam + pangsit. Rupanya bukan.

Kata abangnya tinggal dimakan aja, eh bener pas dimakan uenak kok. Mienya tidak lengket dan tidak terlalu lembek. Jadi …. silahkan dicoba, harganya cuman Rp. 10.000. Tapi sayank, kartu namanya habis …. hiks… niat promosi ga bang …. . ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / xxxxxxxxx ).

  1. Cincau dan Doger Ciragil

bango08-ciragil.jpg Panas2 minum yang dingin …. suegar deh. Tapi ingat, jangan berlebihan dan perut harus diisi karbohidrat dahulu biar tidak menimbulkan efek samping. Kirain gua Ciragil itu nama jenis makanan … rupanya nama tempat di daerah Kebayoran Baru toh.

Rasanya pas deh, ga nyesel elu belinya … ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / Ciragil, Kebayoran Baru ).

  1. Pempek Palembang @bing

Hehe …. menemukan pempek yang enak itu emang susah yagh. Untung ada disini, rasanya setelah dicoba enak.Lembuh. Gua beli yang bulat 2 buah dan lenjer 2 buah … tau ga berapa harganya … Rp. 26.000,- 😯 … mahal amat yagh walau rasanya enak sih.

Padahal yg 2 buat cuman bulat kayak bakso dan 2 panjang kayak sosis. Dan tidak ada eminya log 😥 🙁 . Tapi mahal amat … viuh ….. capek deh . ( star1.jpegstar1.jpegstar1.jpegstar1.jpeg / 021-9810 4914 ).

 

 

Tip-trik 💡 :

  1. Ini festival makanan bung… jadi beli / makannya ( per jenis yagh ) ga usah banyak2. Yang diutamakan mencoba berbagai jenis makanan sebanyak banyaknya. Gue aja makannya bagi2, ga usah malu coi. Wong lu juga bayar ….

  2. bango08-narsis.jpgJangan beli langsung makan. Tapi beli beberapa jenis dahulu baru makannya sekalian. Ini juga agar kita tidak terlalu sering berlalu lalang beli-makan jadinya kecapean. Sebagai contoh, kemarin gua beli 3 macam makanan + 1 minuman kemudian mencari tempat teduh lalu makan sekalian. Uenak ….. Jadinya kayak piknik deh.

  3. Sesuaikan pakaian kamu dengan TKP. Jangan sampai salah kostum. Seperti kemarin, karena di sana panas gua pakai kaos aja. Ada bagusnya menggunakan Topi dan payung.

  4. Kalau perlu membawa alas duduk. Kemarin sih disediakan meja, tapi di tengah2 dan panas. Sedangkan kursinya sudah dibawa ke pojok dan dipakai semua. Jadilah duduk di pinggiran gitu deh.

  5. Siapkan antiseptic dan tisu untuk kebersihan. Biar kumannya ga ikutan festival.

  6. Kalau kamu ada rencanya membawa oleh2 untuk pulang, ada baiknya juga membawa plastik dari rumah. Siapa tahu aja disana tidak ada plastik dan mengurangi efek global warming kan.

  7. Kalau berminat, minta lah kartu nama. Atau minta no telp yg bisa dihubungi. Nanya peluang kerja sama juga bisa loh …. ( ga gua coba sih )

  8. Siapkan uang berlebih ….

  9. Lupakan diet untuk sementara …. wakaksdasd &@^#&*%#@&* :mrgreen:

Sumber : star.jpeg



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

One thought on “Festival Jajanan Bango

  1. Pingback: It’s WP24 and bestfriends_wp » Blog Archive » [ Coming Soon ] Festival Jajanan Bango 2009

Leave a Reply