Bumi : kita vs keturunan

Teman, ingatkah kamu dengan masa kecil kamu ? 10 Tahun lalu saat eSeMPe,15 Saat baru masuk eSDe. Atau sempatkah kamu bertanya dengan orang tua, Ibu, Bapak, Kakek dan Nenek.

Dimanakah mereka bermain, dengan apa, main apa saja, berapakah tiketnya, jauh tidak dari rumah, makan apa, cuaca panas / dingin, berenang dimana , hujan, banjir, longsor, gempa , kebakaran ?

Dan sempatkah kamu memikirkan …. apa yang akan kamu tinggalkan untuk keturunan kita … 2008 … 2018 … 2038 … 2068 … 2108 … earth.jpeg

Banjir ? Hujan dan kemarau yang berkepanjangan ? Gempa ? Badai ? Kemacetat ? Polusi udara ? Polusi Air ? Polusi Makanan ? Racun ? Pertisida ? Timbal ? Air Asam ?

Pedulikah kamu ?

Hayuu.. kita coba ( Coba loh … karena jujur aku juga baru mencoba ) Kita berikan yang teraik yang bisa kita lakukan untuk keturunan kita.

1.AC vs Selimut

Kamu tahu kalau tidur kamu tidak kuat dingin karena itu kamu pakai selimut ? Jadi ACnya buat apa dunk ? Kalau tidak pakai AC dan selimut, digigit nyamuk ? Kan ada obat nyamuk … yang ramah lingkungan yah. Atau pakai saja kipas, dingin juga. Atau kalau perlu buka jendela ( tapi ingat keselamatan yah … kalau tidak ada terali besiny hati2.

2.Gayung vs Shower ( Khusus yg menggunakan pompa air )

Buat kamu yang menggunakan pompa air ( yah … biasa dikenal Sanyo ). Karena air yang keluar dari shower relative lebih sedikit. Mau bukti, coba kamu isi gayung kamu menggunakan shower … berapa waktu yang diperlukan ? Coba kalau menggunakan gayung + bak, 2 detik langsung keiisikan. Jadi kalau kamu mandi pakai shower relatif lebih sedikit.

3.Gunakan refill

Refil selain lebih hemat, juga tidak boros loh. Refil yang sudah adalah pada sabun cair, sabun cuci, air galon.

4. Matikan komputer atau gunakan auto stand by

Buat kamu yang sering secara mendadak keluar kantor dan tidak sempat mematikan computer ataupun di rumah menggunakan computer tapi sering ketiduran tidak ada salahnya kalau menggunakan auto stand by. Jadi setelah sekian waktu computer akan stand by deh.

5.Gunakan angkutan umum

Kebayang ga sih berepa banyak asap yang timbul dari kendaraan yan kita gunakan ?
Tidak ada salahnya kan kalau kita mencoba sedikit merakyat, begabung dengan dengan kaum kecil.

Susah yah … tenang aja …. gua sependapat.

Dan kamu juga tidak perlu menyalahkan aku / diri kamu sendiri kalau belum bisa.Dan kita juga tidak perlu mencari2 kesalahan. Wong aku aja juga baru belajar ko’.

Jadi … bumi seperti apakah yang akan kita berikan kepada keturunan kita ? ❓



Haiiii

Teman-teman yang mau bertanya, gabung di web baru saya aja yah :



 

Leave a Reply